Format Pelaksanan Portofolio Siswa SMP

Apa sih yang dimaksud portofolio?

Portofolio di sekolah merupakan kumpulan hasil karya siswa dari kegiatan siswa untuk menunjukkan kompetensi, pemahaman dan capaian siswa terhadap kompetensi mata pelajaran, selain itu portofolio juga menjadi bahan pertimbangan bagi guru untuk menentukan kebijakan sistem pembelajaran dan teknik peningkatan belajar siswa.

Beberapa Jenis Portofolio siswa di sekolah ini dapat berupa :

1. Hasil Proyek

2. Gambar atau laporan pengamatan siswa

3. Analisis situasi yang berkaitan dengan mata pelajaran

4. Fotocopy piagam penghargaan atau sertifikat lomba

5. cerita atau komentar siswa terhadap mata pelajaran

6. cerita atau komentar siswa terhadap hasil proyek atau hasil karyanya dalam portofolio

Di Sekolah kita , SMP Plus Ar-Rahmat Portofolio telah dilaksanakan dan mendapatkan respon yang baik serta melibatkan orang tua dalam penilaian hasil proyek atau hasil karya siswa, sehingga guru mata pelajaran khususnya dapat berkolaborasi menangani teknik pembelajaran di masa pandemi. Oleh karena itu  kami berharap bagi Bapak Ibu guru yang baru bergabung dapat mengikuti Program Pelaksanaan Portofolio ini, memberikan masukan, mengembangkan dan meningkatkan Pelaksanaan Portofolio kearah yang lebih baik.

Dalam pelaksanaannya portofolio dapat Bapak/Ibu lakukan beberapa langkah berikut (gambar-1) :

Untuk dapat memberi informasi yang bermanfaat, penilaian yang dilakukan terhadap portofolio siswa disesuaikan dengan tujuan atau bentuk portofolio. Penilaian yang dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan siswa. Untuk keperluan ini penilaian diri, refleksi diri siswa penting, demikian pula diskusi guru dan siswa membahas kemajuan siswa. Penilaian yang dilakukan guru lebih kepada untuk dapat memberi masukan kepada siswa untuk mencapai tujuan atau penguasaan kompetensi.

Berikut Format umum Portofio di SMP Plus Ar-Rahmat yang isinya nanti dikembangkan oleh guru masing-masing mapel dan pada lembar akhir kami lampirkan rubrik penilaian portofolio bagi guru.

Semoga Portofolio ini memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk melakukan penilaian diri, refleksi dan bertanggung jawab terhadap proses dan kemajuan belajarnya serta  mendorong siswa untuk memahami kekuatan dan kelemahannya dan memikirkan strategi untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, bagi sekolah dan tenaga pendidik , portofolio ini sesuai dengan tujuannya menjadi bahan pertimbangan untuk  meningkatkan mutu pembelajaran.

Berbagi Itu Indah :