1.
Fulanah, seorang siswi yang belajar daring, tetap semangat meski fasilitas terbatas dan harus membantu keluarganya. Apa pelajaran penting yang dapat kita ambil dari kisah ini dalam menghadapi ujian kehidupan?
2.
Mengapa sifat munafik dianggap merugikan masyarakat secara keseluruhan?
3.
tujuan dari penerapan hukum kewarisan dalam Islam adalah
4.
Dalam sebuah keluarga, terdapat seorang anak yang sering merasa kesal saat diberi nasihat oleh orang tuanya. Anak tersebut cenderung mengabaikan nasihat tersebut dan melakukan apa yang ia inginkan. Berdasarkan konsep keras hati dalam Q.S. az-Zumar/39:22, apa yang menjadi penyebab utama sikap tersebut?
5.
Apa yang dimaksud dengan ihsan dalam konteks ibadah?
6.
7.
Salah satu hikmah pembagian warisan secara Islam adalah menjaga keharmonisan dalam keluarga. Namun, sering kali konflik muncul karena kurangnya pemahaman ahli waris tentang aturan syariat. Sebagai seorang siswa yang belajar hukum Islam, langkah apa yang dapat Anda ambil untuk mencegah konflik tersebut?
8.
9.
Menurut Q.S. al-Anfal/8: 2-4, apa yang menjadi ciri utama seorang mukmin?
10.
11.
12.
Bagaimana kedudukan harta peninggalan sebelum dibagi kepada ahli waris?
13.
makna dari “Hakikat Iman” adalah
14.
Apa arti kata "musibah" dalam bahasa Arab?
15.
Berdasarkan Q.S. al-Baqarah/2:155, ujian dalam hidup sering kali berupa ketakutan, kelaparan, dan kekurangan harta. Jika seorang petani kehilangan hasil panen akibat bencana alam, apa langkah terbaik yang mencerminkan tawakal?
16.
Dalam keluarga besar, salah satu ahli waris menolak pembagian warisan yang dilakukan sesuai syariat Islam karena merasa tidak adil. Ia mengajukan usul untuk membagi warisan berdasarkan persentase yang lebih besar untuk dirinya. Bagaimana cara menyelesaikan konflik ini dengan tetap menjaga prinsip hukum Islam?
17.
tujuan utama dari membangun hubungan iman, Islam, dan ihsan dalam diri manusia adalah....
18.
Rafi menemukan sebuah dompet yang berisi sejumlah uang di tempat umum. Jika Rafi menerapkan prinsip ihsan dalam tindakannya, apa yang seharusnya ia lakukan?
19.
Dalam sebuah forum diskusi agama, seseorang menyatakan bahwa keras kepala adalah sifat yang dapat membantu seseorang mempertahankan prinsip hidupnya. Berdasarkan Q.S. az-Zumar/39:22, apa yang menjadi kelemahan utama dari sifat keras kepala?
20.
Bagaimana cara mengatasi sifat keras hati sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. az-Zumar/39:22?
21.
Menurut Q.S. al-Baqarah/2: 155-156, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang ditimpa musibah?
22.
Berdasarkan Q.S. al-Munafiqun/63:4, apa ciri utama yang mencerminkan sikap munafik?
23.
Seorang ayah meninggalkan warisan berupa rumah dan sejumlah uang. Anak laki-laki dan perempuan dari almarhum sepakat untuk membagi warisan secara adil sesuai syariat. Bagaimana cara mereka menentukan bagian masing-masing sesuai hukum Islam?
24.
Dalam sebuah keluarga, adat setempat menyatakan bahwa warisan berupa tanah keluarga harus diberikan kepada anak laki-laki tertua. Namun, salah satu anggota keluarga mengusulkan pembagian sesuai syariat Islam. Bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikan konflik ini?
25.
Dalam sebuah diskusi kelompok, Andi menunjukkan empati kepada teman yang menghadapi kesulitan belajar. Tindakan Andi mencerminkan hubungan iman, Islam, dan ihsan dengan cara apa?
26.
Apa yang menjadi inti dari Q.S. Ali Imran/3: 19?
27.
28.
Apa manfaat utama dari bersabar dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup?
29.
Pengertian harta warisan dalam Islam adalah...
31.
Dalam kehidupan sehari-hari, musibah dapat berbentuk apa saja. Bagaimana Anda dapat menerapkan nilai kesabaran ketika menghadapi situasi kehilangan pekerjaan akibat pandemi?
32.
Nabi Ayub AS adalah cucu dari nabi ishal AS, beliau merupakan seorang nabi yang memiliki tingkat kesabaran yang luar biasa dalam menghadapai cobaan cobaan hidup dari Allah SWT. Berikut yang bukan merupakan ujian atau musibah yang ditimpahkan oleh Allah SWT kepada nabi Ayub AS adalah....
33.
Ketika seseorang mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji'un saat menghadapi musibah, apa makna tindakan ini dalam konteks pengelolaan emosi dan iman?
34.
Seorang siswa SMA mengeluh kehilangan motivasi belajar akibat tekanan sosial dan akademik. Ia merasa sulit menemukan tujuan hidup yang jelas. Berdasarkan konsep hubungan iman, Islam, dan ihsan, bagaimana seorang siswa dapat menata ulang tujuan hidupnya agar lebih bermakna?
35.
Mengapa ihsan penting dalam membentuk karakter seseorang?
36.
Apa makna istilah "tawakal" dalam ajaran Islam?
37.
Dalam lingkungan sekolah, seorang siswa terlihat sering memberikan alasan yang tidak benar untuk menghindari tanggung jawab kelompok. Bagaimana siswa lain dapat membantu individu tersebut mengubah perilakunya berdasarkan konsep ihsan dalam Islam?
38.
yang menjadi sebab utama seseorang memperoleh warisan dalam Islam adalah ....
39.
Seorang almarhum meninggalkan harta yang cukup besar, tetapi juga memiliki sejumlah utang yang belum dilunasi. Apa yang harus dilakukan ahli waris sebelum harta tersebut dibagikan?
40.
Apa tujuan Allah memberikan ujian berupa ketakutan, kelaparan, dan kekurangan harta kepada manusia?
41.
Dina bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sambil tetap menjaga hubungan baik dengan tetangganya. Bagaimana nilai-nilai iman, Islam, dan ihsan dapat memandu Dina dalam kesehariannya?
42.
bagaiamana hubungan antara iman, Islam, dan ihsan?
43.
Bagaimana kedudukan harta peninggalan sebelum dibagi kepada ahli waris?
44.
Dalam suatu rapat komunitas, seseorang selalu menyampaikan pendapat yang terlihat meyakinkan tetapi bertentangan dengan tindakan sehari-harinya. Akibatnya, kepercayaan anggota komunitas terhadapnya menurun. Berdasarkan Q.S. an-Nisa/4:142, apa yang dapat dilakukan komunitas untuk mengatasi situasi tersebut?
45.
Seorang siswi bernama Fulanah belajar daring dengan fasilitas yang terbatas tetapi tetap berhasil membagi waktu untuk belajar, membantu keluarga, dan aktif di kegiatan sosial. Apa pesan yang bisa diambil dari kisah ini untuk menghadapi ujian hidup?
46.
Apa hikmah di balik ujian yang diberikan oleh Allah kepada manusia?